Selasa, 14 September 2010

Waspada Sindikat Penjualan Organ Manusia

Enjoy this post

Lomba Blog Depok 17 Juli-17 September 2010

Penculikan manusia untuk dijual dalam keadaan hidup mungkin sudah tidak asing, lantas bagaimana terhadap fenomena yang saat ini sedang menjadi teror besar bagi kita semua yakni sindikat penjualan organ tubuh manusia?

Manusia sebagai mahluk sempurna ciptaan Tuhan memang tidak dapat dipungkiri sebagai mahluk tercerdas di muka bumi ini, namun sayang kecerdasaan yang dimiliki manusia justru membuat kerusakan sendiri bagi sesasamanya.  Kebutuhan akan organ vital membuat orang selalu berpikir untuk hidup sehat, lantas bagaimana dengan orang yang memiliki organ vital dalam tubuhnya tetapi telah rusak??? Pikiran mereka pastilah ingin sembuh! Namun kesembuhan itu sendiri terkadang membuat orang menghalalkan segala cara, termasuk membeli organ vital yang dibutuhkannya.
Beradasarkan fenomena tersebut , terjadilah gejolak kriminal yang mulai menghantui kita semua, yakni sindikat penjualan organ tubuh manusia.  Dalam UU Kesehatan No 32 Tahun 1992 Pasal 32 ayat 2 berbunyi ” Transplantasi organ dan atau jaringan tubuh serta transfusi darah dilakukan hanya untuk tujuan kemanusiaan dan dilarang untuk tujuan komersial”, namun saat ini justru transplantasi dilakukan secara komersil.  Meski penjualan organ tubuh manusia dilarang, faktanya sindikat ini bekerja secara rapih dan terkoordinir dengan baik.  Tidak hanya dalam dimensi nasional melainkan sudah terkoordinir secara internasional.

Beberapa organ yang biasa diambil oleh para pelaku adalah ginjal, mata, hati, jantung, dan lemak.  Harga jual untuk organ tersebut sekitar 150.000.000 sedangkan lemak yang dijadikan bahan kosmetik dijual dengan harga 500.000/kg.  Waspada juga bagi ibu yang sedang hamil muda.  Kerana faktanya di beberapa negara seperti Cina dan Tailand mengkonsumsi janin bayi yang baru berusia 3-4 bulan.
Bagaimanapun juga, dengan alasan apa pun transplantasi dengan cara komersil tidak dapat dibenarkan baik dari segi sosial maupun agama.  Perlu juga diketahui bahwa kemungkinan sang penerima donor dapat berhasil menerima organ dari pendonor hanya 30%, itu disebabkan karena banyak hal yang secara medis lebih bisa dijelaskan secara gamblang.

Waspadalah terhadap diri anda sendiri, jangan mudah percaya terhadap orang yang baru anda kenal.  Wanita, Pria, Anka-anak, dan ibu melahirkan semua diincar oleh sindikat ini.  Pria yang mudah terpincut oleh perempuan cantik nampaknya harus waspada, karena sindikat ini bisa menipu dengan berbagai cara memanfaatkan kelemahan pria yang mudah tergoda dengan gadis cantik, alih-alih berkenalan justru akan menjadi korban.  Kaum lemah yang harus waspada adalah wanita, anak-anak, dan ibu melahirkan.  Jangan pernah mau diajak berbicara dengan orang yang tidak dikenal, jangan membiarkan anak anda bermain sendiri, dan jangan pula mengizinkan tamu yang baru anda kenal untuk menginap di rumah anda karena ini adalah trik yang dilakukan pelaku seperti yang banyak terjadi di daerah Bojong Kenyot-Bekasi.

Semoga kewaspadaan serta doa bisa memberikan keselamatan bagi kita semua.  Sayangi diri anda dan sekeliling anda, laporkan orang yang tidak anda kenal yang mencurigakan.  Human Trafficking untuk pemanfaatan apa pun adalah kriminalitas yang patut untuk diberantas.
MySpace
WASPADALAH!! WASPADALAH!!!

0 comments:

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting