Minggu, 20 April 2014

Dangdut is the Music of My Country

Enjoy this post

"Dangdut is the Music of My Country".  Yaa, dari judulnya aja udah keliatan apa yang bakal saya bahas kali ini.  Dangdut, apsih yang ada di benak kalian kalau denger kata dangdut?  Norak? Alay? Kampungan?  Menurut saya, seenggak suka apa pun orang sama dangdut, pasti ada aja lagu dangdut yang dia apal, minimal tahu nadanya.

Saya setuju banget sama judul lagu project pop yang sekaligus menginspirasikan saya buat ngebahas ini di tulisan.  Bicara masalah dangdut, dari kecil saya udah dicekokin banget sama genre musik ini.  Ayah saya fanatik banget sama dangdut, apalagi sama Mansyur S. Dari kecil setiap jalan pasti nyetel lagu-lagunya, kadang di rumah juga gitu, terus punya tetangga juga hobi banget sama dangdut, percaya atau enggak kalo udah dengerin lagu dangdut beeeh tetangga saya nyetel dengan volume suara ala-ala orang mau hajatan.

Belakangan ini yang ngaku fans setia dangdut pasti banget salah satu program ajang pencarian bakat penyanyi dangdut di salah satu stasiun TV swasta.  Saya hampir tiap malem nonton ini, ya awalnya sih karena udah males berebutan remote TV sama ibu, tapi pas diikutin acara ini bagus juga.  Saya salut sama pemilihan dewan juri dan pembawa acaranya yang berhasil ngedongkrak acara ini jadi lebih berkelas.  Saya juga setuju banget sama salah satu jurinya yakni si Ivan Gunawan yang selalu ngasih masukan ke peserta bahkan secara gak langsung ke penyanyi dangdut lainnya buat terlihat lebih classy dan mahal, gak kayak penyanyi dangdut yang joget gak karuan dengan pakain ala-ala perempuan nakal di pengkolan.

Setuju gak sih kalau saya bilang lagu jaman sekarang (dangdut maupun genre lainnya) kurang bagus di banding yang dulu?  Kalau sekarang lirik ya cuma lirik, ngasal yang penting enak didenger, dan gampang diinget, beda sama dulu yang liriknya lebih ke arah syair yang puitis dan punya makna yang jauh lebih dalam. Kalau gak percaya coba aja bandingin lagu patah hati jaman sekarang sama jaman dulu bagus mana.

Balik lagi yuk ke Dangdut is the Music of My Country.

Dangdut itu lagu universal, seperti yang tadi saya bilang seenggak suka apa pun orang sama genre lagu ini minimal ada satu lagu yang dia tahu.  Ya gimana gak mau tahu, dimana-mana pasti ada aja orang yang dengerin genre lagu ini.  Di pengkolan jalan, pasti ada aja tukang ojek yang nyetel lagu ini, di kondangan mau itu yang hajatan suku Jawa, Sunda, Batak bahkan Papua.

Nah salah satu lirik yang saya suka banget dari salah satu lagu dangdut ciptaan H.Rhoma Irama yang berjudul Roda Kehidupan "Lain orang lain cobaan, itulah keadialan Tuhan".

Lovelill2014

0 comments:

Posting Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting