Jumat, 21 Februari 2014

Memelihara Kucing Persia, kenapa enggak !

Enjoy this post

Banyak yang bilang ngapain sih memelihara kucing persia, apalagi cewek, gak takut tokson ini itu blah blah blah.  Oke dari dulu suka aja memelihara binatang apalagi kucing dan ular (sayang sampai sekarang belum berhasil ngebujuk orang rumah buat punya ular).  Dari Almarhumah kucing kampung saya bernama Cia yang harus mati karna keracunan kotoran ikan yang dia makan saat main di rumah tetangga, sampai kucing anggora yang meski bagus tapi nakalnya gak kalah nakal dari kucing kampung.

Saya lebih suka kucing jenis persia, lebih kalem dan terlihat anggun.  Memelihara kucing persia susah-susah gampang.  Intinya sih harus sabar, kalau saya punya prinsip dikasih kepercayaan ngurus binatang aja gak bisa apalagi nanti ngurus anak, makanya saya bener-bener ngerawat kucing-kucing di rumah yang sekarang sisa dua ekor.

Untuk makanannya saya kasih mereka Royal Canin (bukan mau promo ya) atas masukan dari temen, dan beberapa forum tentang kucing yang bilang makanan merk ini gak diragukan lagi.  Seiring dengan bertambahnya usia kedua kucing saya dan makin paham apa yang mereka butuhkan, akhirnya saya ganti ke Eukanuba.  Pemilihan makanan saya kembalikan lagi pada niat awal kita memeliharanya, kalau tujuannya punya bulu yang panjang dan cantik, Royal Canin memang masternya untuk kelas premium yang gak terlalu nguras kantong.  Kalau saya pribadi gak ada niat apa-apa, yang penting mereka tumbuh dengan sehat.

Eukanuba saya pilih karena kandungan gizinya lebih lengkap.  Gak cuma buat bulu, tapi buat gigi, tulang, dan yang penting hati biar gak galau eh salah biar kucingnya sehat karena masalah terbesar kucing itu adalah hatinya sensitif, bukan karena percintaan bukan tapi hati kucing sangat sensitif dengan kandunga zat di dalam makanan.  Seminggu sekali saya kasih kuning telur setengah matang yang dicampur madu 1ml (madu 1 ml mana ngaruh) buat mannusia emang gak ngaruh tapi buat kucing ngaruh banget.  Seminggu dua kali saya kasih minum susu, susu khusus buat kucing ya tapi.  Kalau kucing sudah memasuki usia junior (7 bulan) biasanya ada yang mau ada juga yang tidak mau minum susu, tapi dasar punya kucing bossy jadi doyan banget sama susu.

"SAYA GAK PERNAH MANDIIIN KUCING DI PET SHOP".  Ngirit banget Mbak!! Bukan masalh ngirit, tapi masalah kepercayaan.  Saya gak bisa 100% mempercayai kucing saya dimandiin orang lain, kita kan gak tau handuk kucingnya bekas kucing atau bahkan anjing yang mana, telinganya ditutup atau enggak pas mandi.  Lagian kalau kita mandiin + grooming kucing kita sendiri itu lebih baik, dia lebih nurut sama kita.  Alhamdulillah dua kucing saya malah hobi banget mandi, kalau udah ditaro di bak pasti diem aja anteng gak mau bangun.

P3K untuk kucing.  Ini juga yang harus diperhatikan.  Minimal di rumah saya punya obat buat diare, rumput hair ball, betadin, tetes kuping, obat cacing, vitamin, obat mual, obat & salap jamur.  Perhatikan juga jenis obatnya, karna gak semua obat manusia bisa dikasih ke kucing, jenis obat dengan kandungan paracetamol salah satunya, jangan pernah kasih ini kalau masih mau lihat kucingnya hidup.  Beberapa obat ini saya dapat berdarkan pengalam saya dari dokter hewan ketika kucing saya sakit dan butuh pertolongan pertama.

Diare: Guenestrip (obat manusia)
Mual: Promagh (obat Manusia)
Telinga: Otollin (obat tetes khusus kucing)
Obat Cacing: Drontal (obat cacing khusus kucing)
Jamur: Griseofulvin 250 mg (obat manusia), Ketaconozole (salap manusia)
Vitamin: Biolisin (vitamib manusia)

Notes: Kasih sesuai berat badan & usia kucing ya.  Kucing baru boleh diminumin obat macem-macem kalau umurnya sudah 3 bulan dengan takaran 0,5 ml per sekali minum. 

Rata-rata Drh bakal ngasih obat anak buat penangan ke kucing kita selain suntikan -suntikan khusus yang dikasih ke kucing (ini pengalaman saya saat Owi anggora gembrot kesayangan terkena radang telinga, dan saat Piye demam).

Segini dulu kali ya, nanti saya share juga mendeteksi demam dan penyakit lainnya pada kucing persia.

lovelill2014

0 comments:

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting