Senin, 06 Desember 2010

SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1432H !

Enjoy this post

Di malam tahun baru islam ini tepat tanggal 1 Muharam, semua terasa hening bagiku. Hujan yang mengguyur sepanjang sore menambah kekuatan dalam hati untuk bermuhasabah pada Sang Khalik atas kehidupan selama setahun belakangan.

Aku teringat satu berita kematian yang aku terima pagi tadi dari ibuku. Adik dari sahabatku yang juga tetangga terdekatku meninggal dunia di usiannya yang masinh sangat kecil. Kontan aku teringat akan keadaan kritis yang sedang dialami oleh adikku. Aku benar-benar takut, tapi satu kepercayaan dalam hati bahwa Allah sudah mengatur segalanya, mati adalah hak-Nya atas setiap umat yang diberi-Nya kehidupan.

Tahun baru ini penuh makna bagiku, selain tidak jauh dari hari kelahiranku, tahun baru ini benar-benar disambut dengan nikmat ujian yang membuat keimananku semakin bertambah. Aku kembali mengingat doa-doa apa yang telah diberikan oleh orang-orang terdekatku. Inilah beberapa doa yang banyak terucap:

1. Panjang Umur

Meski hakikat hari jadi adalah pegurangan umur, tapi doa utama yang diberikan saat seseorang berulangtahun pasti panjang umur. Akupun berharap demikian, paling tidak sampai gugur kewajibanku untuk membalas segala jasa yang telah diberikan oleh kedua orangtuaku.

2. Selalu Bersama Orang yang disayang

Siapa sih yang tidak ingin terus bersama-sama dengan orang yang disayang?? Tapi semua tergantung pada-Nya, tempat segala meminta dan tempat yang paling berkehendak atas semua yang ada di bumi dan langit.

3. Sukses buat jadi penulis

Ini dia yang gak pernah aku sangka. Ternyata banyak orang yang menginginkan dan mendoakan aku untuk jadi seorang penulis. Entahlah, rasa percaya diri yang aku punya untuk mengirimkan beberapa draft novel yang ada di dalam folder-folder tulisanku masih sangat kecil. Tapi aku yakin Insya Allah doa ini akan terwujud, cepat atau lambat.

4. Cepet jadian ya sama Andi sensei (dosen Bahasa Jepang)

Doa terkonyol yang aku terima tapi terbanyak juga. Hanya bisa tertawa kecil setiap membaca doa ini yang dikirimkan oleh beberapa temanku. Aku hanya berkata dalam hati "Doa yang konyol". Entahlah mengapa mereka semua mendoakan seperti itu, aku pun heran apa yang mereka anggap dari diri kami berdua sehingga muncul pandangan kecocokkan antara kami. Tapi satu yang jelas dari hubungan kami adalah "AKU MURID DAN BELIAU DOSEN".

5. Tambah Dewasa

Kata-kata dewasa terkadang menjadi pertanyaan besar bagiku. Adakalanya aku melihat seseorang dewasa dalam kesaharian, tapi tak cukup dewasa ketika mereka diberi permasalahan dalam hidupnya. Lantas dewasa yang bagaimana yang harus aku tunjukkan???

Dari doa-doa tersebut aku hanya pinta yang terbaik untukku dan mereka yang telah mendoakan aku Ya Rabb. Segala kehendak-Mu yanga akan aku hadapi setahun ke depan semoga menjadikan diriku seorang hamba-Mu yang lebih baik, seorang hamba yang dapat mati paling tidak dalam keadaan husnul khotimah dan kembali pada-Mu dalam keadaan tetap menjadi seorang muslimah.

Sungguh aku hanya berencana, dan Engkau Maha Berkehendak dari segala yang ada di langit dan bumi. Tak ada kesukaran yang Engkau beri untukku tanpa sebuah arti. Aku percaya aku mampu menjalankan semua kehendak-Mu sekali pun aku rasa perih.

Dengan menyebut nama-Mu ku ikhlaskan air mataku selama setahun kebelakang, dan ku mulai tahun baruku dalam keadaan pasrah dan berjuang di jalan-Mu.

Selamat Tahun Baru Islam 1432 H.

0 comments:

Posting Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting