Minggu, 12 Desember 2010

Kosa kata Jepang

Enjoy this post

Okey Baiklah besok gue UAS.

Errr
Perasaan baru kemaren gue masuk kuliah di semester 3 dan besok adalah hari-hari melelahkan + menegangkan menjelang akhir semester 3 .

12 Desember 2010
Gue harus belajar dua mata kuliah sekaligus yakni Bahasa Jepang dan Psikologi.  Gue selalu inget kata ayah, ketika gue mempelajari satu bahasa, dan kepingin menguasainya maka yang harus gue perhatiin adalah perbendaharaan katanya.  Gimana caranya ???  Caranya dalah dengan rajin-rajin ngapalin kosakata, dan baca buku yang berkaitan.

Baiklah, karena gue bukan tipe penghapal yang baik, maka strategi gue menghapal adalah dengan cara menuliskan segala sesuatu yang gue hapalin.  Gue bakal nulis kosakata Jepang yang udah gue hapalin dengan tujuan gue lebih bisa mengingat.

Berikut hapalannya dari Bab 1 - Bab 7 , semoga gak banyak yang gue lupa (amin)

Bab 1

Watashi: Saya
Anata: Kamu
Ano hito: Dia
Ano Kata: Dia (bentuk sopan)
Kaisha: Pegawai
Isha: Dokter
Daigaku: Kampus
Sensei: Dosen
Ginkou in : Pegawai Bank
Gakusai: Mahasiswa
Kankoku: Korea
Chogoku: Cina
Igrisu: Inggris
Furansu: Perancis
Nihon: Jepang
Byouin: Rumah sakit
Jin: Negara
Sai: Umur

Bab 2 

Kore: Ini 
Sore: Itu (dekat)
Are: Itu (jauh)
Kono: Ini
Sono: Itu (dekat)
Ano: Itu (jauh)
Hon : Buku
Jisho: Kamus
Kaban: Tas
Zasshi: Majalah
Kaado: Kartu
Meishi: Kartu Telepon
Jidousha: Mobil
Tereepu: Tape recorder
Tokei: Jam
Keshi Gomu: Penghapus
Doaa: Pintu
Isu: Kursi
Tsukue: Meja
Kasa: Payung
Nooto: Buku catatan
Konpyuuta: Komputer
Pasokon: Laptop
Bab 3
Koko: Di sini
Soko: Di situ
Asoko: Di sana
Doko: Di mana
Kochira: Sini
Sochira: Situ
Achira: Sana
Dochira: Sebelah mana
Uchi: Rumah
Heya: kamar
Jimusho: Kantor
Uketsuke: Ruang penerima telepon
Shokudou: Kantin
Kyoushitsu: Kelas
Kai: Lantai
Ikkai: Lantai 1
Sangai: Lantai 3
Rokkai: Lantai 6
Hakkai: Lantai 8
Ikura: Harganya berapa? 
Jukkai: Lantai 10
Kaidan: Tangga
Denwa: Telepon
watashi no kaban: Tas saya
Bab 4 

Okimasu: Bangun
Nemasu: Tidur
Benkyoushimasu: Belajar
Hatarakimasu: Bekerja
Depatoo: Departemen store
Ototoi: Kemarin lusa
Kino: Kemarin
Kesa: Tadi Pagi
Senshu: Minggu lalu
Sengetsu: Bulan  lalu
Kyonen: TahunLalu
Kyou: Hari ini
Yasumi: Libur
Youbi: Hari
Nichi Youbi: Hari Minggu
Getsu Youbi: Hari Senin
Kayoubi: Hari Selasa
Bangou: Nomor
Nan: Berapa/ apa
Maisa: Setiap pagi
Maiaban: Setiap Malam
Bab 5 
Ikimashu: Pergi
Kimashu: Datang
Kaerimashu: Kembali
Supan: Supermarket
Hikouki: Pesawat terbang
Jitensha: Sepeda
Basuu: Bus
Takushi: Taksi
Aruite: Jalan kaki
Tomodachi: Teman
Kanojo: Pacar (wanita)
Kazoku: Keluarga
Gatsu: Bulan
Futsuka: Tanggal dua
Mikka: Tanggal tiga
Youka: Tanggal tujuh
Yokka: Tanggal empat
Tsuitachi: Tanggal satu
Itsu: Kapan
Tanjoubi omedeto: Selamat ulang tahun
Bab 6



Tabemasu: Makan

Kaimasu: Membeli

Kikimasu: Mendengar

Youmimasu: Membaca

Kakimasu: Menulis

Shimasu: Mengerjakan

Tomodachi ni aimasu: Bertemu dengan teman

Ocha: Teh

Tamago: Telur

Miruku: Susu

Tegami: Surat

Kudamono: Buah

Mise: Toko

Shasin o: Foto

Nani: Apa???

lieur abdi mah, mau pecah rasana!!
Ngook abah ambu, doakeun enengnya!!!





0 comments:

Posting Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting