Minggu, 28 November 2010

HOW TO MAKE A BASIC SENTENCE ??

A. Kalimat Positif
Untuk membuat sebuah kalimat sederhana, kalian hanya membutuhkan pembangun kalimat tersebut yang terdiri dari Subjek, Predikat, Objek, dan kalian bisa menambahkannya dengan Keterangan. Dalam Bahasa Inggris, pola kalimat seperti ini disebut Present Tence . Pada dasarnya sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris, memiliki formula yang sama, sehingga kalian tidak harus menghapalkan jenis grammer/ kalimat apakah yang terbentuk. Yang terpenting adalah, kalian hanya harus memahami susunan pola dasar pembentukan kalimatt tersebut dan perubahan-perubahan yang terjadi apabila terdapat perubahan waktu. 
Sebagai contoh, suatu kalimat yang dibentuk oleh Present Tence hanya terdiri dari Subjek + Verb I + Objek

Hanya saja, untuk subjek orang ketiga tunggal ( She, He, MY Mother....) harus ditambahkan S atau ES pada kata kerja.

For example :

1.   I buy five books 
2.   She buys five books 
3.   My mother brings a cat

Jika pada kalimat terdapat beberapa kata kerja, kalian hanya cukup menambahkan to setelah kata kerja sebelumnya.
For example :

1.   I bring some book to give to my friend
2.   My mother wants to buy some flowers

Ketika terjadi perubahan waktu dari menjadi bentuk lampau/ past tense kalian hanya harus merubah Verb I menjadi Verb II ( lihat perubahan yang terjadi di dalam kamus ).




Mari kita rubah kalimat di atas ke dalam bentuk Past Tense

1.   I bought five books 
2.   She boughts five books 
3.   My mother broughts a cat

Namun apabila ada dua kata kerja yang digunakan hanya kata pertama yang di rubah.

1.   I bought some books to give to my friend

Begitu pula dengan bentuk-bentuk waktu yang lain, yang apabila tidak dilakukan pada waktu lampau tidak mengalami perubahan pada kata kerja bantu, seperti kejadian yang akan baru terjadi/ present future tense kalian hanya menambahkan kata will/shall setelah subjek. Dan apabila bentuk kalimat adalah kejadian yang akan datang yang telah dikerjakan/ past future tense kata will/ shall tadi berubah menjadi would/ should.

Jika kalimat yang tebentuk sedang dikerjakan/ present continuos tense, maka kalian hanya menambahkan to be sesuai subjek yang melakukan. Apabila yang sedang dilakukan terjadi pada waktu lampau/ past continous tense  maka to be harus di rubah ke to be dalam bentuk verb II ( are menjadi were, is menjadi was ).

Jika kalimat yang terbentuk baru saja dilakukan/ present perfect tense, maka kalian hanya menambahkan kata Have/ Has sesuai penggunaan subjek, dan setelah kata have/ has merubah Verb I menjadi Verb III.apabila kalimat yang tebentuk baru saja dilakukan dalam waktu lampau / past perfect tense, kalian hanya menggant Have/ Has tadi menjadi Had dengan merubah verb II menjadi verb III, setelah Had.

0 comments:

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting