Senin, 29 November 2010

ATOM dan STRUKTUR ATOM


Atom merupakan partikel-partikel yang sangat kecil yang menyusun suatu benda, dan partikel-partikel tersebut tidak dapat dibagi-bagi, dan di musnahkan. Hal tersebut pernah diungkapkan oleh seorang filsafat berkebangsaan Yunani bernama Democritus. Namun seiring perkembangan ilmu pengetahuan alam, banyak pendapat ahli yang mencoba menyempurnakan definisi atom itu sendiri. Seperti yang di ungkapkan para ahli di bawah ini yang mencoba mengungkapkan teori-teori perkembangan model atom.

Teori atom Dalton

·         Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, yang tidak dapat dibagi-bagi(tidak dapat berubah) .
·         Atom-atom satu unsur sama dalam segala hal, tetapi berbeda dari atom-atom unsure lain.
·         Atam-atom dapat bergabung satu sama lain secara kimia membentuk molekul denan perbandingan sederhana ( reaksi kimia hanya melibatkan penataan ulang).
·         Senyawa merupakan hasil reaksi dari atom-atom penyusunya.
·         Atom satu unsur adalah permanent.

Namun teori yang diungkapkan oleh Dalton memiliki beberapa kekurangan yakni pendapat Dalton yang mengtakan bahwa “ Tidak ada atom yang berubah akibat reaksi kimia”. Aka tetapi dalam kimia nuklir, suatu atom dapat berubah menjadi taom lain. Teori Dalton juga emiliki keleihan yakni Dalton dapat mengungkapkan bahwa atom model Dalton dapat membentuk suatu molekul.






Teori atom JJ. Thomson

Thomson berpendapat bahwa dalam atom terdapat electron yang tersebar secara merata dalam bola pejal bemuatan positif. Pendapat Thomson ini merupakan penemuan struktur atom yang dikenal dengan electron. Namun kelemahan dari teiri atom Thomson, tidak adanya penjelasan mengenai letak proton, dan sebenarnya electron tidak menyebar secara merata.

Teori  atom Chadwick

Chadwick membuktikan hipotesis Rutherford yang menyatakan bahwa dalam inti atom seharusnya ada partikel yang tidak bermuatan yang masanya hampir menyerupai masa proton. Ternyata hipotesis tersebut benar dan pada akhirnya Chadwick berhasil menemukan struktur atom yang di beri nama Neutron.

Teori atom Rutherford

Sebelum penemuan Neutron seorang ahli fisika berkebangsaan Jerman Eugene telah berhasil menemukan struktur atom yang kemudian dinamai Proton oleh RutherfordRutherford kemudian mengungkapkan beberapa teori yang sekaligus mendapatkan struktur atom lainya yakni Inti Atom. Teori yang dikemukakan olenya adalah

v  Semua atom memiliki inti atomyang terdiri atas sejumlah proton dan neutron
v  Electron berada disekeliling ini atom yang tersebar dalam kulit-kulit atom.
Teori atom yang dikemukakan Rutherford juga memiliki kekurangan yakni dia tidak dapat menjelaskan mengapa elekton tidak tertarik oleh muatan positif. Karena seperti yang kita ketahui bahwa akan terjadi gaya tarik menarik antara muatan yang berbeda (muatan positif x muatan negative) .






Teori atom Bohr

Bohr mengemukakan teori berdasarkan teori kuantum sebagai penjelasan struktur atom darui hydrogen. Dan menurut teori Bohr model atom hydrogen sebagai berikut

Ø  Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan disektarnya berdar electron-elekton yang bermuatan negative
Ø  Dalam atom,electron beredar mengelilingi inti atom pada orbit tertentu yang dikenal dengan keadaan stasioner
Ø  Selama electron berda dalam keadaan stasioner energi akan terus konstan
Ø  Electron berpindah dari lintasan yang lebih tinggi ke lebih rendah dengan penyerapan energi.

Teori Bohr memiliki kekurangan yakni hanya menjelaskan stuktur atom yang hanya memiliki satu elekton (H), dan tidak dapat menjelaskan bahwa atom dapat membentuk molekul ikatan kima

0 comments:

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting