Sabtu, 11 September 2010

Politeknik Negeri Jakarta Sebagai sisi Kecil Peradaban Kota Depok

LOMBA BLOG DEPOK 17 JULI-17 SEPTEMBER 2010



Politeknik Negeri Jakarta.  Ya, Kampus kecil yang lebih dikenal dengan Politeknik UI.  Miris memang selalu dianggap bang anak kancil di balik ketiak Pengumpil.  Kampus yang terletak di dalam kawasan Universitas Indonesia tersebut banyak yang kurang mengenal.  Tapi bagi dunia industri, kampus tersebut lebih menang.

Sejanak melihat ke arah kondisi mahasiswanya, tidak seperti kampus tenaga yang penuh dengan kehedonan, kampus ini belajar menapaki hidup secara perlahan.  Sistem pendidikan yang diterapkan di Politeknik memang berbeda dengan sistem pendidikan di Universitas, namun masalah kenuggulan dalam keprofsionalan bekerja lulusan Politeknik Lebih Unggul.

Penghuninya terbiasa hidup sederhana, lahan pemerintah yang kami sewa kepada kampus tetangga membuat kampus ini terlihat sangat sederhana, tak banyak gedung yang dipunya, tak banyak fasiltas wah pula yang bisa dinikmati.  Setiap pagi mahasiswanya harus berlari morat marit mengejar bus yang siap mengantarkan ke kampus tercinta, berdesakan, bau ketek tak terelakan, injak menginjak, pengap menjadi cerita tiap pagi para maasiswa, maklum kampus ini tak punyalah itu bus mahasiswa sebagus kampus tetangga.


Visi
"Menjadi Politeknik Unggul Bertaraf Internasional dalam bidang Rekayasa dan Tata Niaga"
Mampu menghasilkan Tenaga Ahli Madya Politeknik Negeri Jakarta dengan "knowledge, skill, attitude" yang sesuai dengan memiliki kemampuan profesional.
Misi
Misi Politeknik Negeri Jakarta 2004-2010 merupakan tahapan pencapaian Visi, sebagai berikut :
  1. Menghasilkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Sebagai institusi pendidikan vokasi yang berperan aktif dalam meningkatkan keahlian dan keterampilan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.
  3. Menghasilkan tenaga terampil berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berbudaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat internasional.
  4. Meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terapan yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia



Menengok Visi dan Misi Politeknik Negeri Jakarta tengoklah dedikasinya terhadap kota tempatnya berpijak. Dosen dan Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta sedang mencanangkan program pengelolaan sampah yang terpadu terhadap kota Depok.  Inilah yang mmebuktikan bahwa kampus ini tidak lupa akan tempatnya bernaung, seperti pepatah lam dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung.

Kesederhanaan yang dirasakan kampus inipun terbagi untuk beberapa acara yang dibuat oleh penghuninya seperti kegiatan Bakti Sosial ke Kampung Liong, Program Peduli Lingkungan, Acara berbagi Tajil gratis selama Ramadhan.  Bagi Penghuni kampus ini, Depok bukan hanya kota kecil tempat menggantungkan cita-cita, tapi tempat belajar memakmanai arti hidup.



1 comments:

Anonim mengatakan...

tulisannya sih bagus..cuma design nya terlalu rame...make it simple...hehe

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting