Kamis, 05 Agustus 2010

Merakyatnya Ulang Tahun Indonesia

selamat membaca

Wah kalo di Jepang ada tradisi Toshigami buat pergantian tahun negaranya kalo di Indonesia ada 17 Agustusan.  Ya 17 Agustus 1945 merupakan hari lahirnya bangsa Indonesia MySpace(jiah kayak lirik lagu).  Indonesia merupakan negara yang kaya akan tradisi, bahkan untuk menyambut hari jadinya pun masyarakat Indonesia di tiap daerah memiliki cara masing-masing yang unik dan merakyat untuk memperingati hari jadi Indonesia.



Mengambil filosofi perjuangan bangsa Indonesia melawan bangsa penjajah mulai dari zaman kekuasan Portugis sampai zaman kekuasaan Jepang
seluruh rangkain tradisi menyambut hari ulang tahun Indonesia diisi dengan perlombaan ketangkasan yang meinitikberatkan pada semangat perjuangan untuk menjadi pemenang, sportifitas, dan kesederhanaan.

Em, ngomongin masalah 17 Agustusan jadi inget masa kecil.  Waktu saya kecil saya tidak pernah absen dari pendaftaran peserta lomba yang diadakan di RT tempat saya tinggal.  Dulu sih sering banget dicengin pas ikut lomba makan kerupuk gara-gara gigi saya yang reges.  Wah perestasi demi prestasi saya raih di setiap 17 Agustus yakni Juara 2 lomba Puzzle, Juara 2 Lomba Memecahkan Air, Juara 2 Lomba Sari Tilawah Tongkat Anak, Juara 3 Balap Karung, Juara 3 Memasukan BenangMySpace .  Tapi ada satu lomba yang sering saya ikuti tiap 17 Agustus tapi gak pernah menang yakni Lomba Fashion Show Anak (yaiyalaah dulu kan saya kaya keong cuek dan pendiem jadi gak bisa lenggok di panggung).MySpace

Ini Dia Kemeriahan Lomba di setiap 17 Agustus

Photo Flipbook Slideshow Maker
Meski hadiahnya cuma seperangkat alat tulis dibayar tunai, tapi cukup membuat saya senang dan bangga.  Yah elah sayang banget sekarang saya gak bisa nikmatin meriahnya 17 Agustus, (Yahiyalah udah gede).  Inget banget waktu kecil saking banyaknya kakek saya memiliki cucu (sekitar 24 anak) dan masih memiliki anak yang umurnya masih kecil, kakek saya sering membuat acara kecil-kecilan.  Pesertanya sudah bisa ditebak adalah cucunya sendiri.  Yang paling seru adalah Lomba Panjat Kedebong Pisang.  Disaat semua orang lomba panjat pinang, kakek saya justru membuat lomba panjat kedebong pisang.
MySpace

Kedebong Pisang yang berukuran 2-3 meter di tebang, dan ditancapkan semirip panjat pinang.  Hadiahnya juga cukup menarik, ada susu kenatal manis, jajanan-jajanan, uang, dll.  Semua berbaur menjadi satu gotong royong untuk mencapai puncak.

Tidak hanya itu, acara dangdutan pun MySpace (tarikkk mang) terkadang menjadi acara handalan bagi sebagian tempat.  Maklum musik dangdut tidak bisa dilepaskan dari jati diri rakyat Indonesia yang merakyat.  Bahkan ketika ulang tahun Indonesia sekarang yang menginjak 65 tahun dari jauh hari masyrakat Indonesia sudah mulai merayakannya, terlebih ulang tahun kali ini jatuh pada bulan Ramadhan.  Wahh bisa ngabuburit sambil lomba balap karung nih.

Kesederhanaan pesta ulang tahun Indonesia inilah yang menjadikan acara ini benar-benar merakyat dan banyak digemari oleh siapa saja termasuk turis asing.

SELAMAT ULANG TAHUN INDONESIA
SELAMAT ULANG TAHUN IBU PERTIWI
NKRI ADALAH HARGA MATI
BAGI KAMI PARA PUTRA PUTRI
DIRGAHAYU RI KE 65
MySpace

0 comments:

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting