Sabtu, 14 Agustus 2010

Hikmah Ramadhan

selamat membaca

Wah gak kerasa banget yah udah puasa lagi,
asikk dehh puasa
Ramadhan itu bulan penuh berkah dan bulan paling indah diantara 12 bulan yang kita miliki, wah keindahan Ramdhan pastinya ada alesannya kenapa, selain sebagai bulan dimana turunya Al-Quran, Ramdahan juga punya banyak hikmah kalo kita ngejalaninya dengan ikhlas dan baik jadi gak hanya dapet aus sama lapar aja MySpace.  Mau tau apa aja? yukk mari






Ayat di atas selain sebagai dasar hukum bagi umat islam untuk menjalani puasa, sekaligus sebagai acuan bahwa puasa itu adalah berkah hidup dari tahun ke tahun.

1.  Puasa itu Menyehatkan
Puasa secara medis dapat menetralkan segala racun yang ada di dalam tubuh.  Bahkan penelitian pun menganjurkan agar sistem metabolisme kita diistirahatkan sejenak melalui kegiatan puasa.  Proses metabolisme yang begitu rumit saat kita sedang tidak berpuasa, kurang lebih akan mengurangi kestabilan dan kekuatan fungsi organ tubuh kita.  Tidak hanya itu, ketika sistem saraf kita sudah terekam dari malam untuk berpuasa, dan tiha-tiba ketika siang hari kita berbuka tanpa alasan yang jelas alias jebol, maka secara tidak langsung organ kita khususnya pencernaan akan terjadi kontraksi dadakan yang sering membuat kita sakit perut sesudahya kita berbuka, maka dari itu jangan jebol puasanya tanpa alasan yang kuat.  Lagi pula dalam islam jebol puasa tnapa alsan itu snagat dilarang seperti dalam hadits berikut 
"  Barang siapa yang membatalkan puasanya tanpa rukshah (alasan yang tidak dibenarkan) atau sakit, maka tidak akan ditebus dosanya meski dia berpusa seumur hidup sekalipun (HR.Bukhari dan Muslim) *Naudzubillahi mindzalik*
  Selain itu puasa saat ini menjadi pengobatan alternatif utama di bidang medis.  Untuk lebih lengkapnya klik saja Puasa Dalam Kacamata Medis.
2.  Puasa itu Waktunya Mengingat Allah

Siapa yang setuju jika selama puasa kita bisa tahan berjamjam mengaji, dzikiran, bahkan bela-belain untuk shalat malam?  Pasti semu setuju! Segala ibadah yang dilakukan oleh manusia pada dasarnya untuk diri mereka sendiri, kecuali satu yakni puasa di bulan Ramdhan hanya untuk Allah.  Rasanya tidak adil jika kita sudah diberi waktu selama 12 bulan kita tidak menyisihkan waktu 1 bulan saja untuk memberikan yang terbaik bagi Allah.  Kalo berbuat sesama manusi saja itu memberikan berkah yang baik pula, apalagi berbuat baik pada Allah SWT , sagalanya yang Maha Kaya di atas jagat raya ini.
3.  Waktunya Berbagi dengan Sesama

Banyak juga yah ternyata di luar sana yang gak seberuntung diri kita, makan susah, minum susah, mau beli ini itu juga susah.  Makanya di bulan puasa ini kita bisa berbagi rasanya buat susahnya jadi orang susah.  Selain itu kita juga bisa berbagi makanan sekalipun buat mereka yang membutuhkan seperti kata hadits di bawah ini
MySpace
" Orang yang memberikan makan bagi orang yang berpuasa maka dia akan memperoleh pahalanya (HR.Tarmidzi)"
4.  Waktunya buat Keluarga dan Bekumpul

Ngerasa banget kan kalo kita tuh sering banget gak ngehargain waktu kita buat keluarga?  Nah kalo pas puasa kita juga pasti ngerasain banyak banget waktu kita bersama keluarga.  Sahur, sampe kalo sore kita bisa ngebantuin ibu kita buat beres-beres menu buka puasa yang mau kita lahap entar.  Nah kadang kita kan emang males nih sahur, tapi sebenenya yah kalo kita gak sahur itu rugi banget, kita gak bisa bercengkrama dengan keluarga.  Sahur itu banyak banget loh manfaatnya, selain buat ngisi perut juga bisa buat nikmatin indahnya dunia malam dengan keluarga.

5.   Waktunya Banyak Duit

Siapa juga sih yang gak tahu kalo puasa pasti duit banyak, selain dapet THR puasa juga bisa bikin kita jadi orang hemat yang punya banyak uang.  Haaha, gak seberapa sih emang tapi kenyataannya pas puasa duit kita justru main banyak.  haha

6.  Mensyukuri Hidup

Kalo buat saya pribadi tombaknya dari umur saya bukan dilihat dari hai ulang tahun saya, tapi dari bisa atau tidaknya saya bertemu dengan bulan puasa.  Rasanya sedih, bercampur dek-dekan kalo udah takbiran.  Satu pertanyaan besar dalam otak saya hanya satu "MASIH BISA GAK YAH KETEMU RAMADHAN DI TAHUN DEPAN" atau MySpace  .  Kalo orang yang meninggal saja sangat bahagia dan menanti Ramadhan, kenapa sebagai yang masih hidup kita tidak bisa?

Itu aja kali yah semoga bermanfaat, puasanya pool, dan bisa ketemu Ramadhan selanjutnya.  AMIIINMySpace

0 comments:

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting