Sabtu, 01 Februari 2014

Sarjana ???

Enjoy this post

Heho yang baru banget lulus dan icip icip rasanya jadi sarjana.  Selamat datang di dunia kerja, dunianya sikut menyikut antar pencari nafkah, buat yang mutusin untuk.buka usaha atau kejar beasiswa monggo selamat datang juga.

Hampir setengah tahun menyandang gelar sarjana masih belum nemuin tempat yang sreg buat nyari nafkah, nolak sana sini, pindah sana sinisampe akhirnya nelen ludaj sendiri buat gak kerja di tempat orang tua.

Jadi sarjana memang tidak semanis es teh manis yang sering kita minum di kantin jamannya kuliah dan lagi pengen menghemat tapi masih tetep bisa minum minuman yang berwarna.  Sukur-sukur kalo kita termasuk ke dalam golomgam sarjana zona makmur, yang udah sreg di tempat yang bisa bikin kita nyaman, entah dalam hal pekerjaan atau pun perjodohan (kawin sama konglomerat).

Kaya saya 6 bulan ngerasain susahnya jadi sarjana baru aka "Fresh Graduate", mau nyari kerjaan yang labgsung dapet gaji gede juga ibarat kaya mau makan duren tapi masih harus ngambil di pohonnya sendiri. Dapet panggilan kerja di 3 bulan pertama nganggur aja udah bersyykur, apalagi disaat dompet mulai kering kerontang, peduli apa dengan yang namanya prinsip kalau kerja maunya yang begini begitu.

Bolak balik laptop cuma buat bikin CV yang berbeda untuk setiap lamaran yang mau dilamar, foto copy ini itu, lempar lamaran kesana kemari buntutnya cuma beberapa yang manggil itupun harus kandas di tengah jalan entah karna proses yang gagal atau memang senfaja menggagalkan diri karna lain dan sebagainya.

Belum lagi sekarang yang harus banyak-banyak istighfar karna denger dari ibu salah satu anak tetangga di rumah lulusan SMA bisa dapet gaji 8.000.000 lebih/bulan yang ...... kali lipat dari gaji saya sebagai seorang sarjana.

Beruntung ada ayah yang melapangkan hati saya, bahwa di dunia kerja nilai dan jenjang pendidikan bukanlah satu-satunya jalan untuk sukses di dunia kerja.  Your attitude determine your.altitude.  Kalo saya masih ada pikiran kenapa saya kalah dari orang yang hanya lulusan SMA artinya saya masih kurang punya attitude dalam bekerja (jleb sih) tapi emang bener.

Kebanyakan kita kaum sarjana yang gagal dalam urusan pekerjaan karna kita terlalu petantang petenteng dengan gelar kita, emang sih kita pasti mikir "gila gue udah kuliah 4 th mahal-mahal, susah payah bahkan ada yang lebih dari 4 tahun masa gaji cuma segitu, kerjaannya cuma begitu", terus nih kalo udah kerja adang kita juga suka ngeluh misal "kok gue sarjana kerjaannya cuma nginput data? Ngerapihin invoice, arau pait-paitnya bawain tasnya si bos kalo lagi dinas luar kantor", padahal semua kerjaan yang menurut kita rendah itu salah satu bagian dari proses posisi atas kita.

So?

Jadilah sarjana yang bermartabat, cukup main-mainnya di bangku sarjana aja. Rubah minset untuk adi pekerja profesional, karna saat kita bekerja gak ada remedial kalau hasil kita jelek, opsinya cuma dua didamprat atasan atau di depak.perusahaan.

0 comments:

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting