Rabu, 22 Desember 2010

Tips Memelihara Kura-Kura Brazil

Enjoy this post


Kura-kura Brazil adalah sebuah salah satu spesies kura-kura yang ada di seluruh dunia dan termasuk dalam jenis kura-kura semi-aquatic (terrapin)


Nama lain dari Kura-kura Brazil adalah Red Ear Slider (RES/Si Telinga Merah karena binatang ini memiliki ciri fisik garis berwarna merah dari mulai ujung mata mereka hingga menutupi daerah telinga).

Anatomi Tubuh Kura-Kura Brazil

Kura-kura pada umumnya memiliki sebuah cangkang (tempurung) yang digunakannya untuk mempertahankan diri dari serangan dan ancaman predator serta untuk menjaga suhu tubuhnya dari perubahan cuaca yang terjadi pada habitat serta lingkungan sekitarnya.




Cangkang (tempurung) Kura2 Brazil terdiri atas 2 (dua) bagian, yaitu:





Karapas pada bagian atas tubuhnya.


Karapas Kura-kura terdiri atas buku-buku yang disebut scutes(esteoderms) yang akan mengelupas secara alami mengikuti pertumbuhan karapas kura-kura tersebut yang semakin hari semakin besar





(Gambar Karapas & Plastron Kura-kura)


Plastron pada tubuh bagian bawahnya.

Karapas dan plastron pada tubuh kura-kura dihubungkan oleh bagian dari tulang belakang diantara kaki depan dan belakangnya.

 Membedakan Jenis Kelamin Jantan/Betina


Selain ciri2 yang tersebut pada gambar di atas, jantan dan betina dapat dibedakan pula dari ciri-ciri fisik, seperti:

1. Kuku pada kaki depan pejantan lebih panjang dari pada kuku jenis betina.
2. Kloaka (Saluran reproduksi) pejantang terletak pada ujung ekor sedang betina pada pangkal ekornya
3. Ekor pejantan berukuran lebih panjang dan tebal dibandingkan ukuran ekor betina


Ukuran Tubuh Kura-kura

Kura-kura Brazil memiliki panjang tubuh sebagai berikut:
  1. 2.5 cm untuk ukuran bayi kura-kura brazil
  2. 17 - 30 cm untuk ukuran kura-kura brazil dewasa (Jantan dewasa berukuran antar 18 - 23 cm sedangkan Betina dewasa berukuran 25 - 30 cm)
Cara menghitung panjang karapas kura-kura adalah dengan menggunakan penggaris dan di hitung secara langsung dari depan ke belakang (dengan mengabaikan kelengkungan karapas kura-kura)

Makanan Kura-Kura Brazil

Biasanya jika kita memberi kura2 di toko2 ikan, maka si penjual akan memberikan kita pelet untuk kura2 sebagai makanan untuk kura2 mungil kita. Tapi apakah pelet ini saja sudah cukup bagi kura2, jawabannya ternyata tidak. Karena seperti juga manusia, kura2 juga akan merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Disamping itu pemberian makanan juga harus memperhatikan segi kesehatan kura2 tersebut, jangan sampai kura2 kita terkena Pyramidingyaitu terjadinya kelainan pada bentuk tempurung kura2 seperti menjadi berbonggol, berbentuk piramid atau menjadi datar bentuknya.
Makanan yang baik untuk dibeikan kepada kura2 antara lain adalah:
  1. Kaktus centong yang telah di parut dan dihilangkan durinya (sangat baik diberikan tiap hari)
  2. Daun bunga sepatu yang dipotong halus
  3. Daun lidah buaya yang dipotong menjadi bentuk dadu kecil2 setelah dibuang durinya
  4. Keluarga sawi (dipotong halus), amat disarankan untuk konsumsi sehari-hari
  5. Kailan sangat baik karena mengandung banyak kalsium
  6. Wortel yang telah di parut
  7. Kangkung setelah dipotong halus
  8. Jagung, untuk kura dewasa tambahkan kulit jagungnya
  9. Daun Semanggi (The BEST FOOD)
Nah jangan pernah memberikan kura-kura kalian makanan di bawah ini :
  1. Kacang Panjang
  2. Taoge
  3. Kacang kapri
  4. Buncis
  5. Kubis
  6. Bunga Kol
  7. Brokoli
  8. Bayam
  9. Lobak
  10. Kecipir
  11. Daun singkong
Kecintaan saya terhadap kura-kura brazil sudah saya jalani sejak satu tahun yang lalu.  Dan perlu diperhatikan bahwa kura-kura brazil pun memiliki penyakit, namun jenis penyakit yang sering diderita oleh kura-kura brazil adalah penyakit pada cangkangnya.  Saya menyarankan bagi kalian pemilik kura-kura untuk bergabung dalam forum Komunitas Pecinta Kura-Kura Brazil .    

Berikut adalah beberapa penyakit yang patut diperhatikan Penyakit Pada Kurabrazil .

Layaknya manusia, kura-kura brazil pun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat pada usia 1-5 tahun.  Ada kalanya ketika kura-kura anda berada di usia pertumbuhan, jangan terlalu khawatir jika kura-kura anda memiliki nafsu makan yang sangat besar karena hal ini sangat wajar.

Pemberian makanan yang fariatif pun sangat dianjurkan agar nutrisinya bisa tersebar secara merata, jangan terlalu sering memberikan pelet karena terlal berbahaya terhadap ginjalnya.  Ada baiknya dalam satu hari, kura-kura di jemur selama 15 menit agar nutrisi pada cangkangnya dapat merata.  Pada fase pertumbuhannya pun kura-kura akan mengalami perubahan warna cangkang.  Tidak percaya??  Saya memiliki 4 ekor kura-kura brazil, 2 ekor yang lain sudah memasuki umur 2 tahun.  Dan awalnya cangkang kura-kura brazil selalu memiliki warna cangkang yang sama yakni hijau tua.



Kedua foto tersebut diambil saat umur mereka masih 1.6 tahun.
Cangkangnya masih berwarna hijau tua pekat dengan ornamen cokelat agak kekuningan di tengah-tengah.


Dan ini baru diambil hari ini 22 Desember 2010.  Umur mereka tepat 2 tahun.

Pertumbuhan yang sangat pesat terjadi pada tubuh Pinoo (kura-kura betina), sedangkan pada tubuh Piyoo (kura-kura jantan) terlihat betuk cangkang yang tidak simetris alias agak penyok.  Penyebabnya karena sering berbenturan dengan si Pinoo.  Oleh sebab itu ada baiknya ketika kura-kura anda sudah mengalami pertumbahan yang sangat besar pisahkan dengan kura-kura yang lebih kecil.

Perubahan secara signifikan pun terlihat dari warna cangkangnya.  Jika di awal warna cangkangnya adalah hijau pekat, namun pada foto ini terlihat warna cangkang yang berbeda yakni cokelat kekuningan dengan ornamen hitam.




Dan ketiga foto di atas adalah foto kura-kura brazil yang umurnya baru 4 bulan (saat saya membeli), dan kura-kura brazil tersebut baru saya beli seminggu yang lalu.  Kedua kura-kura ini belum saya berikan nama, apakah ada ide untuk memberikan nama bagi mereka??  Jika ada silahkan tinggalkan komentar atau isi di buku tamu yahMySpaceMySpace.

0 comments:

Poskan Komentar

Please leave a comment if you have critics for me

 

Template by Best Web Hosting